PUBLIC RELATIONS
Secara umum Hubungan Masyarakat atau Public Relations adalah suatu usaha yang sengaja dilakukan dan direncanakan secara berlanjutan hal ini bertujuan untuk menciptakan saling pengertian antara sebuah lembaga maupun organisasi dengan masyarakat. Public Relations ( PR ) merupakan fungsi manajemen untuk mencapai target tertentu yang sebelumnya harus memiliki program kerja yang keras. Menurut Harlow (1976 : 336) " PR adalah manajemen komunikasi antara organisasi dengan publiknya "
PR adalah fungsi manajemen unik yang membantu membangun dan memelihara jalannya komunikasi. Fungsi ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan maupun organisasi yang ada, PR berfungsi untuk membantu manajemen untuk terus menginformasi dan tanggap terhadap opini publik, mempromosikan perusahan ke publik, menjadi jembatan yang menghubungkan masyarakat dengan perusahaan, memperbaiki hubungan antar perusahaan, dan masih banyak lagi.
Selain fungsi yang ada PR memiliki suatu peran yang sangat penting terhadap perusahaan yaitu sebagai berikut :
- Techinician Communication
- Expert Prescriber Communication
- Communication Facilitator
- Problem Solving Facilitator
Contoh studi kasus PUBLIC RELATIONS ( Teknisi Komunikasi )
Dalam PR strategi komunikasi adalah hal yang sangat penting dan begitu juga perusahaan sangat memerlukan strategi komunikasi karena itu adalah satu hal yang mutlak untuk memajukan dan mengembangkan suatu perusahaan tersebut. Strategi komunikasi sebaiknya dilakukan lebih dari satu rancangan saja untuk berjaga-jaga apabila planning yang pertama tidak berhasil. Sebagai contoh studi kasus yang sudah terjadi di Bandara Internasional Juanda Surabaya dimana ada suatu kesalahan teknis terkait dengan penyebaran informasi tentang terminal baru. Strategi komunikasi Public Relations PT. Angkasa Pura 1 (Persero)
Bandara Internasional Juanda Surabaya dalam menyebarkan informasi terkait dengan terminal baru
(T2) dibuat oleh Public Relations dengan bantuan Communication Officer.
Strategi yang dibuat untuk hal ini maka kali ini adalah fokus pada bantuan media
massa (koran, radio, televisi dan online) dan media sosial (Facebook dan
Twitter).Tahapan atas strategi yang dilakukan adalah penentuan tujuan jangka
pendek dan jangka panjang dilanjutkan dengan perencanaan program komunikasi
serta pengembangannya dselesaikan dengan evaluasi yang digunakan yakni sebagai perbaikan
sosialisasi kedepannya.
Peneliti menemukan bahwa Public Relations belum memiliki strategi
komunikasi yang matang dalam memperluas tentang terminal baru (T2) ini, sehingga
pada awal pengoperasiannya masyarakat memberikan komentar melalui media
massa dan Social Media dan bahkan secara langsung (melalui Customer Service). Hal
tersebut disebabkan pengalaman kerja Public Relations yang baru bergabung pada
tahun 2013 yang sebelumnya adalah Ass.Man SIMTAPOR Makassar dan Communication
Officer yang baru bergabung pada tahun 2012, sehingga di tengah proses menyebarkan informasi atau sosialisasi keduanya melanjutkan strategi komunikasi yang sudah ada tanpa
memberikan tambahan atau pengurangan strategi komunikasi.
![]() |
PT. Angkasa Pura |
https://media.neliti.com/media/publications/80016-ID-strategi-komunikasi-public-relations-pt.pdfx
Tidak ada komentar:
Posting Komentar